Saturday, October 27, 2012

Perempuan-Perempuan Gila Bola





Well, blogwalkers (yakali.. emang ada gitu yang mampir blog ini?) 
Maaf baru bisa niat posting malem ini. Blame the TWITTER hehehe. Mau bahas bola nih, kebetulan kemarin habis baca bukunya Andera Hirata yang judulnya Sebelas Patriot. Suka banget chapter terakhir yang judulnya Perempuan-Perempuan Gila Bola. Mau nulis sekilas petikan-petikan di chapter ini. Lets!


"....... Sepak bola adalah satu-satunya cinta yang taka bersyarat di dunia ini. Mencintai sepak bola adalah seluruh antitesis dari susahnya mencintai manusia."


"Lapangan bola dan warna-warninya adalah lukisan, pertandingan bola bak konser, dengan pemain sebagai musisi dan para penonton sebagai backing vocal. Integritas pemain, daya juang, dan sportivitas, mereka perhatikan. Slogan, lagu-lagu penyemangat, dan pada iklan apa saja pemain kesayangannnya tampil, adaah detail yang sering terlewatkan penonton pria."


"Gol adalah penting tapi bukan ukuran kesetiaan mereka pada tim. Mereka mencari riwayat hidupmpribadi pemain favorit. Mereka tahu soal teknis, misalnya offside, dan sebagainya tapi malas berbicara soal itu. Mereka mencintai sebuah tim karena alasan-alasan yang lebih romantik dan intelek ketimbang sebuah gol."


"Maka sepak bola lebih berarti hakiki bagi mereka. Sepak bola, perlahan namun pasti, akan menjadi life style bagi perempuan Indonesia."


"Bendera yang berkibar-kibar adalah psikologi. Mars penyemangat yang gegap gempita adalah seni. Orang-orang yang duduk di podium kehormatan -di tempat paling nyaman menonton bola- adalah politik, dan orang-orang berdasi yang sibuk dengan telepon genggamnya di belakang jajaran politisi itu adalah bisnis."


".........menabung lama demi membeli tiket menonton lalu berteriak mendukung sampai habis suaranya, hingga peluit panjang dibunyikan, adalah keihklasan. Para pemain menunduk untuk berdoa adalah agama. Penjaga gawang memeluk tiang gaawang sebelum pertandingan adalah budaya. Ratusan moncong kamera yang membidik lapangan adalah sejarah. Ayah yang mebawa anak-anaknya untuk menonton bola adalah cinta."


"Bocah-bocah SD Impres di pinggiran Bekasi yang patungan untuk menyewa angkot, berdesak-desakan di dalam mobil omprengan demi mendukung PSSI adalah PATRIOTISME."


"Catatan skor pada papan elektronik raksasa yang ditatap dengan perasaan senang yang meluap-luap atau kecemasan yang tak terperikan adalah sastra yang tak ada bandingannya. Menjadi penggila bola berarti menjadi bagian dari keajaiban perdaban manusia."



"Jika ada hal lain yang sangat menakjubkan di dunia ini 
selain cinta, adalah sepak bola"
Andrea Hirata

No comments:

Post a Comment